MINIMARKET
TOKO BUKU DAN
JASA PHOTO COPY
A. Pengertian
Usaha
Usaha merupakan suatu kegiatan
yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah, atau
laba usaha. Badan usaha merupakan kesatuan hukum yang bertujuan mencari
keuntungan dalam usaha dapat berbentuk perseroan terbatas, firma, maupun
persekutuan komanditer. Ciri-ciri badan usaha antara lain dalam menjalankan
usahanya bertujuan untuk mencari keuntungan, mencukupi kebutuhan konsumen,
menggunakan modal dan tenaga kerja, dan di pimpin oleh seseorang yang mempunyai
kemampuan manajerial (mengorganisasi, merencanakan, mengarahkan , dan
mengendalikan usaha)
Usaha terdiri dari:
Ø Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang
perorangan dan/atau badan usaha perorangan. Kriteria asset: Maks. 50 Juta,
kriteria Omzet: Maks. 300 juta rupiah
Ø Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif
yang berdiri sendiri. Kriteria asset: 50 juta - 500 juta, kriteria Omzet: 300
juta - 2,5 Miliar rupiah
Ø Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif
yang berdiri sendiri. Kriteria asset: 500 juta - 10 Miliar, kriteria Omzet:
>2,5 Miliar - 50 Miliar rupiah
B. Tahapan-tahapan
dalam memulai Bisnis Minimarket
1.
Mengenal Segmen Pasar
Sebelum mendirikan usaha minimarket mandiri sangat
penting dilakukan survei untuk mengenal segmen pasar. Ada baiknya anda
melakukan riset sederhana mengenai demografi penduduk sekitar calon lokasi yang
akan anda pilih untuk memulai bisnis ini. bisa menggunakan data sekunder
misalnya dengan mengunjungi website resmi pemerintah daerah setempat dan kemudian
juga tidak ada salahnya anda langsung survei lokasi. apa saja yang nanti akan disediakan,
bagaimana pelayanan yang akan diberikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen,
kelengkapan dan ketersediaan barang, kemudahan pelanggan mendapatkan barang
yang dicari, antisipasi tingkat persaingan dengan kompetitor sejenis,
program-program promosi yang akan kita tawarkan. berapa waktu atau jam operasi
minimarket tersebut, 24 jam sehari, 10 jam sehari, apakah minimarket melayani
sistem delivery, dan lain sebagainya
2.
Memilih Lokasi
Penentuan lokasi minimarket ini sangat penting karena
akan menentukan kelangsungan bisnis minimarket yang kita rintis. Akan lebih
baik lokasi yang dipilih sebisa mungkin menjauhi lokasi-lokasi yang sudah ada
minimarket franchise. Cobalah melihat lokasi agak lebih ke dalam, tidak di
pinggir jalan, misalnya di tengah-tengah pemukiman penduduk atau kompleks
perumahan
3.
Menyiapkan Sarana Fisik
Ada
3 hal pada bagian ini yaitu :
Ø Pertama menyiapkan dan atau
mendirikan bangunan fisik minimarket
Ø Kedua menyiapkan rak, perkakas,
furniture minimarket
Ø Dan yang ketiga adalah perekrutan
tenaga operasional yang akan mengoperasikan minimarket
4.
Mengisi Barang
Yang dimaksud dengan mengisi barang disini adalah
menyediakan semua kelengkapan yang diperlukan sampai benar-benar minimarket
tadi siap untuk beroperasi, tentu saja terutama yang terkait dengan kelengkapan
dan ketersediaan item-item yang akan dijual di minimarket.
5.
Komputerisasi Minimarket
Segala sesuatu yang terkait dengan semua operasional
minimarket, kita lah yang harus sediakan dan persiapkan, termasuk hal yang
terkait dengan program komputerisasi ini.
Contohnya :
Ø mencari
vendor-vendor pembuat program POS (Point of Sales), kemudian membandingkan dari
sisi harga, teknis, kemampuan program POS yang kita inginkan, service after
sales-nya seandainya kita mempunyai masalah
Ø menyediakan
komputer, printer, dan barcode reader-nya
Ø Selain
program POS, hal lainnya yang tidak kalah penting yang bisa kita pertimbangkan
untuk dipasang di minimarket kita adalah memasang perangkat CCTV
6.
Strategi Penjualan
Menentukan harga jual dari semua item barang yang kita
pajang di minimarket merupakan salah satu strategi penjualan yang harus kita
pikirkan secara cermat. Untuk menentukan dan pada akhirnya kita bisa
menempelkan tanda harga (price tag) per item barang, bisa dilakukan dengan
beberapa strategi seperti contoh :
Ø Survey
harga di toko grosir, swalayan, supermarket, hipermarket dan pasar-pasar
Ø Survey
harga di toko, minimarket, atau warung tradisional di sekitar minimarket kita
Ø Pada saat
agen atau sales produk datang ke minimarket kita untuk menawarkan barang, kita
bisa melakukan nego harga belinya kepada mereka, sebisa mungkin harga yang kita
dapatkan dari agen/sales tersebut harus lebih murah dari pada harga yang kita
dapatkan di supermarket atau hipermarket besar
Ø Berdasarkan
pengalaman saya menjalankan bisnis minimarket berikut adalah “rule of thumb”
berapa persen keuntungan yang bisa kita ambil dari masing-masing kelompok
barang
Ø Bekerja
sama denga agen atau sales produk untuk sesekali melakukan promo diskon harga
atau pemberian hadiah untuk pembelian item-item tertentu atau dalam jumlah
tertentu, misalnya promo beli 1 dapat 2 dan lain sebagainya dalam waktu
terentu, misalnya seminggu atau pada hari-hari tertentu
Ø Lakukan
langkah-langkah strategi penentuan harga dengan dibarengi oleh pelayanan yang
optimal kepada pembeli, ramah dan cepat, ciptakan lingkungan dan suasana
minimarket senyaman dan seaman mungkin sehingga pembeli akan betah dan
“ketagihan” berbelanja di minimarket kita.
7. Usaha
yang akan dijalankan
Sebelum
menjalankan usahanya, lebih baik memilih nama tokonya atau usahanya, dari itu
kami memberi nama tokonya KURARI MART
Usaha
Minimarket Kurari mart Menjual Alat-Alat Tulis, Assesoris, Jasa Photo copy dan
Pengetikan. Dari segi Minimarket Kurari Mart ini bermoto menyediakan dan
melayani penjualan dan jasa seperti pengetikan ada faktor utamanya yang harus
diperatian antara lain :
Ø
Lokasi
Lokasi merupakan komponen penting dalam suksesnya usaha. Seperti Ilmu Manajemen pemasaran berkata, yang paling penting dalam usaha adalah lokasi, lokasi, dan lokasi. Lokasi yang bisa dikatakan strategis untuk bisnis ini adalah daerah yang dekat dengan sekolah atau kampus ataupun dekat dengan pusat keramaian. Banyak orang yang beranggapan bahwa lokasi yang dekat dengan kegiatan mahasiswa akan menguntungkan dalam usaha ini. Sedangkan alternatif pengunjung lain adalah pekerja. Namun, segmen ini sepertinya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pelajar atau mahasiswa. Lokasi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan usaha fotokopi, Jasa Pengetikan dan alat tulis.
Lokasi merupakan komponen penting dalam suksesnya usaha. Seperti Ilmu Manajemen pemasaran berkata, yang paling penting dalam usaha adalah lokasi, lokasi, dan lokasi. Lokasi yang bisa dikatakan strategis untuk bisnis ini adalah daerah yang dekat dengan sekolah atau kampus ataupun dekat dengan pusat keramaian. Banyak orang yang beranggapan bahwa lokasi yang dekat dengan kegiatan mahasiswa akan menguntungkan dalam usaha ini. Sedangkan alternatif pengunjung lain adalah pekerja. Namun, segmen ini sepertinya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pelajar atau mahasiswa. Lokasi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan usaha fotokopi, Jasa Pengetikan dan alat tulis.
Ø
Peralatan
dan Perlengkapan
Terdiri
dari etalase, Meja,lemari,kursi plastik, dan lain-lain. Mengenai alat tulis dan
Assesoris lainnya dapat mencari informasi dipusat grosir terbesar di Sumatera
yaitu di Aur Kuning atau penyalur atau
pemasok dengan harga murah dan memiliki kualitas barang yang baik, serta
memilih barang yang kira-kira selalu dipakai atau dicari oleh konsumen.
Sedangkan mengenai mesin fotokopi dan computer dapat mencari agen penjualan
yang menawarkan harga sedikit miring dengan kualitas barang terbaik
Ø
Peralatan Mesin Photo copy,computer,printer
dan assesoris lainnya
v
Apakah
kita akan beli baru atau yang rekondisi ?
v
Apakah
kita beli mesin analog atau dijital ?
v
Apakah
kita beli mesin dengan printer atau sken ?
v
Apakah
kita beli computer yang biasa saja, atau beli yang agak canggih dengan
kapasitas lebih tinggi, seperti RAM nya besar untuk masalah kecepatan dan
penyimpanan data lebih banyak
Pertanyaan diatas wajib kita pikirkan dengan matang sebelum kita memulai bisni minimarket berserta Jasa photocopy dan pengetikan. Untuk pemilihan mesin fotokopi menurut kami sangat tergantung dari siapa market atau pasar kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan. Kalo pelanggan kita mahasiswa dan pelajar maka kualitas mungkin bukan yang utama namun harga haruslah terjangkau. Untuk mendapatkan harga produksi per lembar yang murah maka mesin rekondisi atau seken adalah pilihan yang tepat karena mesin fotokopi rekondisi jauh lebih murah., tapi kalau sebaiknya ada modal yang berlebih lebih baik beli baru karna kualitas lebih menjamin dengan jangka waktu agak panjang dari pada kondisi mesin atau peralatan lainya dengan kondisi rekondisi atau peralatan seken. Untuk mesin dengan printer dan sken ini tergantung dengan adanya permintaan pasar. Computer dan printer lebih baik kita mengambil baru dari pada rekondisi karna computer maupun printer ada jangka waktu pakainya, kalau kita beli yang seken walaupun harga murah tapi kualitas pemakaian kita semakin sedikit,atau tidak bertahan lama kita memakainya.
Ø
Karyawan
Saudara atau teman adalah salah satu alternatif untuk dijadikan sebagai karyawan. Selain itu juga dapat merekrut karyawan yang memiliki ijazah SMU untuk ditugaskan sebagai pelayan toko.Dan hendaknya memiliki karyawan yang pandai berkomunikasi.
Saudara atau teman adalah salah satu alternatif untuk dijadikan sebagai karyawan. Selain itu juga dapat merekrut karyawan yang memiliki ijazah SMU untuk ditugaskan sebagai pelayan toko.Dan hendaknya memiliki karyawan yang pandai berkomunikasi.
Ø
Tinta,
Kertas, dan Sperpak
Semakin
murah tinta dan kertas semakin besar pula marjin keuntungan kita. Untuk
bersaing dengan usaha fotokopi lain kita harus pintar dalam mendapatkan tinta
dan kertas yang murah. Untuk kertas kita bisa gunakan kertas plano potong.
Untuk tinta kita bisa gunakan tinta kompetibel tidak harus orisinil. Hal yang
perlu diingat adalah, jangan karena harga kita mengorbankan kualitas. Kertas
plano potong kadang sangat sulit ditarik mesin fotokopi dan sering membuat
macet mesin. Sedangkan tinta kompetibel suka membuat drum tidak awet dan
merusak sperpak mesin. Untuk itu harus dilakukan tes satu persatu dan lihat
hasilnya satu demi satu pula. Untuk tinta biasanya yang sering dipakai adalah
Toner Walaupun harganya lebih mahal sedikit, tapi tintanya membuat mesin awet.
Dengan catatan kita gunakan np6030. Kalo ir5000 harus digunakan tinta yang
orisinil.
Ø
Perlengkapan
tulis dan assesoris lainnya
Menjual
barang seperti perlengkapan tulis dan lainnya juga sangat penting dalam
menentukan besarnya keuntungan usaha minimarket menyediakan dan melayani jasa.
Dapatkan barang-barang tersebut dari grosir utama seperti di Aur Kuning.
Semakin banyak anda belinya, semakin murah harganya. Jika pelanggan kita
mahasiswa/pelajar, alat tulis merek Joyko atau Kenko sangat cocok,karena
harganya yang terjangkau. Apa lagi kalau mahasiswanya Jurusan manajemen,
hitung-hitungannya lebih terkoordinasi dari pada jurusan lain. Yang penting
murah meriah barang dengan kondisi yang baik.
Ø
Layanan
Layanan jasa Photo copy, pengetikan ,peralatan alat-alat tulis dan assesoris lainnya yang beragam akan membuat usaha ini makin dicari konsumen. Semakin lengkap barang dan layanan kita, semakin besar keuntungan yang akan kita dapatkan. Juga pelayanan yang ramah, penuh senyum, dan professional akan menjadi nilai tambah tersendiri.
Layanan jasa Photo copy, pengetikan ,peralatan alat-alat tulis dan assesoris lainnya yang beragam akan membuat usaha ini makin dicari konsumen. Semakin lengkap barang dan layanan kita, semakin besar keuntungan yang akan kita dapatkan. Juga pelayanan yang ramah, penuh senyum, dan professional akan menjadi nilai tambah tersendiri.
Ø
Kualitas
Jika kita tidak dapat bersaing harga, maka kita perlu bersaing dalam kualitas. Di era modern ini banyak orang yang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga, jadi kita punya pangsa pasar yang menurut kami tidak sedikit.
Jika kita tidak dapat bersaing harga, maka kita perlu bersaing dalam kualitas. Di era modern ini banyak orang yang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga, jadi kita punya pangsa pasar yang menurut kami tidak sedikit.
8.
Hambatan
dan Kendala
Ø
Sepinya
Konsumen
Apabila
membuka usaha di areal sekolah atau kampus pasti merasa kesulitan dan kesulitan
ketika para pelajar dan mahasiswa memasuki musim liburan. Untuk mengantisipasi
hal ini perlu melakukan promosi, baik melalui koran maupun brosur, apa lagi
sekarang marak-maraknya dengan Internet, seperti BBM, FB.LINE Dll. Dan bagi
pelanggan yang membeli alat tulis dan memfotokopi saat liburan dapat
menggunakan strategi dengan memberikanya diskon.
Ø
Banyaknya
Pesaing yang Menggeluti Usaha Sejenis
Memberikan
pelayanan yang terbaik merupakan salah satu cara agar tetap bertahan dari
persaingan bisnis ini. Selain itu dapat memberikan sesuatu atau sentuhan yang
berbeda dari para pesaing. Misalnya, dapat bersaing secara sehat dengan
memberikan harga yang miring kepada pembeli dan memberi pelayanan secara WIFI
gratis dan tempat duduk saat menunggu yang nyaman.
Ø
Modal
yang terbatas
Agar
dapat menggalang modal yang cukup untuk tetap menyambung hidup, ada baiknya
apabila mencari relasi bisnis yang bersedia menginvestasikan modalnya ke dalam
usaha ini. Dalam hal ini kita perlu meyakinkan investor bahwa usaha yang akan
digeluti akan berkembang dengan pesat jika modal bertambah. Selain itu, dalam
menekuni bisnis ini dapat menempuh modal dengan patungan bersama teman atau
saudara. Kalau secara kredit juga bisa dengan maraknya dengan dana bank pemberi
kredit untuk usaha masyarakat dengan nama KUR kredit Usaha Masyarakat dengan
itu juga bisa membuka peluang menambah modal dengan jaminan BPKB motor sudah
bisa menembah modal 20 juta dengan syarat tertentu dari pihak bank swuasta
Ø
Prospek
Cerah
Usaha
ini memiliki prospek yang sangat cerah untuk jangka waktu yang lama, akan
tetapi harus juga bisa mengimbangi dengan kemajuan teknologi yang semakin
berkembang. Dalam dunia bisnis persaingan adalah sesuatu yang tak dapat
dihindarkan. Tetapi tidak perlu kuwatir, justru dengan adanya persaingan
kemampuan kita dalam berwirausaha jadi akan terasah dan kita jadi banyak
pengalaman serta semakin pintar. Pesaing akan selalu datang silih berganti, tapi
percayalah kalau rezeki orang itu sendiri-sendiri dan tidak akan ketukar.
“Kalau kita mau berusaha dengan giat dan pantang menyerah pastilah Allah SWT
akan memberi balasan sesuai dengan apa yang kita usahakan”.
9.
Rencana Anggaran Usaha yang dijalankan
Rincian Anggaran Awal
Rincian Anggaran Awal
Ø
2
buah Mesin Fotockopi Rekondisi ( Ex
Impor ) IR6000 Rp 70.000.000
Ø
CPU,Monitor dan mesin printer langsung
scaner Rp. 8.000.000
Ø
Peralatan
dan Perlengkapan Rp 20.000.000
Ø
Persediaan
Barang Dagangan Rp 50.000.000
Ø
Sewa
toko 20.0000.000 per 2 tahun
Ø
Modal
Cadangan Rp 15.000.000
Total Anggaran Awal Rp 183.000.000
Pendapatan Perbulannya
Total Anggaran Awal Rp 183.000.000
Pendapatan Perbulannya
Ø
Rp
1.000.000 x 30 hari Rp 30.000.000
Pengeluaran Perbulan
yang wajib di keluarkan :
Ø
Gaji
2 Orang Karyawan Rp 3.000.000
Ø
Pembelian
Kertas untuk Fotokopi dan printer dan
alat lainnya Rp 2.000.000
Ø
Pembelian
Tinta untuk Fotokopi dan tinta printer
Rp 1.000.000
Ø
Biaya
Listrik Rp 1.500.000 dengan daya watt 2200
Ø
Biaya
perawatan mesin 1.500.000
Ø
Biaya
penyusutan 500.000
Ø
Biaya
Promosi dan Iklan Rp 750.000
Ø
Biaya
Lain-lain Rp 800.000
Total Pengeluaran Rp 25.050.000
Keuntungan bersih perbulannya
Laba Bersih = Rp 30.000.000 – 25.050.000
= Rp 4.950.000
Total Pengeluaran Rp 25.050.000
Keuntungan bersih perbulannya
Laba Bersih = Rp 30.000.000 – 25.050.000
= Rp 4.950.000
Keuntungan per 2
tahun x 4.950.000 = 118.800.000
10. Contoh buku harian di Kurari Mart
No
|
Uang Masuk
|
Uang keluar
|
Jumlah
|
keterangan
|
1.
|
1.000.000
|
-
|
1.000.000
|
|
2.
|
1.200.000
|
200.000
|
1.000.000
|
Pembayaran infaq
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
29
|
1.000.000
|
-
|
-
|
|
JUMLAH
|
30.000.000
|
PERBULANNYA
|
KURARI MART
LAPORAN LABA RUGI
29 FEBRUARI 2016
Pendapatan
jasa
|
|
30.000.000
|
Gaji 2 Orang Karyawan
|
3.000.000
|
|
Pembelian Kertas untuk Fotokopi
dan printer
|
2.000.000
|
|
Pembelian Tinta untuk Fotokopi
dan tinta printer
|
1.000.000
|
|
Biaya Listrik
|
1.500.000
|
|
Biaya perawatan mesin
|
1.500.000
|
|
Biaya penyusutan
|
500.000
|
|
Biaya Promosi dan Iklan
|
750.000
|
|
Biaya Lain-lain
|
800.000
|
|
|
|
|
Total
beban
|
|
(Rp 25.050.000)
|
Laba
bersih
|
|
Rp. 4.950.000
|
KURARI MART
LAPORAN PERUBAHAN MODAL
29 FEBRUARI 2016
Modal
|
25.050.000
|
Prive
|
(1.300.000)
|
22.850.000
|
|
Laba
bersih
|
4.950.000
|
Modal
FERUARI 2016
|
27.800.000
|
KURARI MART
NERACA
29 FEBRUARI 2016
ASET
|
KEWAJIBAN
dan MODAL
|
||
Kas
|
15.350.000
|
Utang
usaha
|
1.700.000
|
Piutang
|
400.000
|
Utang
gaji
|
500.000
|
Perlengkapan
|
2.575.000
|
modal
|
27.800.000
|
Peralatan
|
7.800.000
|
||
Sewa ddm
|
4.100.000
|
||
(Akumulasi
depresiasiperalatan)
|
(225.000)
|
||
Total
|
30.000.000
|
Total
|
30.000.000
|
GAMBAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar