Kamis, 14 April 2016

STUDIKASUS UKM


MINIMARKET
TOKO BUKU DAN JASA PHOTO COPY

A.     Pengertian Usaha
Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah, atau laba usaha. Badan usaha merupakan kesatuan hukum yang bertujuan mencari keuntungan dalam usaha dapat berbentuk perseroan terbatas, firma, maupun persekutuan komanditer. Ciri-ciri badan usaha antara lain dalam menjalankan usahanya bertujuan untuk mencari keuntungan, mencukupi kebutuhan konsumen, menggunakan modal dan tenaga kerja, dan di pimpin oleh seseorang yang mempunyai kemampuan manajerial (mengorganisasi, merencanakan, mengarahkan , dan mengendalikan usaha)
Usaha terdiri dari:
Ø  Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan. Kriteria asset: Maks. 50 Juta, kriteria Omzet: Maks. 300 juta rupiah
Ø  Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri. Kriteria asset: 50 juta - 500 juta, kriteria Omzet: 300 juta - 2,5 Miliar rupiah
Ø  Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri. Kriteria asset: 500 juta - 10 Miliar, kriteria Omzet: >2,5 Miliar - 50 Miliar rupiah

B.     Tahapan-tahapan dalam memulai Bisnis Minimarket
1.      Mengenal Segmen Pasar
Sebelum mendirikan usaha minimarket mandiri sangat penting dilakukan survei untuk mengenal segmen pasar. Ada baiknya anda melakukan riset sederhana mengenai demografi penduduk sekitar calon lokasi yang akan anda pilih untuk memulai bisnis ini. bisa menggunakan data sekunder misalnya dengan mengunjungi website resmi pemerintah daerah setempat dan kemudian juga tidak ada salahnya anda langsung survei lokasi.  apa saja yang nanti akan disediakan, bagaimana pelayanan yang akan diberikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kelengkapan dan ketersediaan barang, kemudahan pelanggan mendapatkan barang yang dicari, antisipasi tingkat persaingan dengan kompetitor sejenis, program-program promosi yang akan kita tawarkan. berapa waktu atau jam operasi minimarket tersebut, 24 jam sehari, 10 jam sehari, apakah minimarket melayani sistem delivery, dan lain sebagainya

2.      Memilih Lokasi
Penentuan lokasi minimarket ini sangat penting karena akan menentukan kelangsungan bisnis minimarket yang kita rintis. Akan lebih baik lokasi yang dipilih sebisa mungkin menjauhi lokasi-lokasi yang sudah ada minimarket franchise. Cobalah melihat lokasi agak lebih ke dalam, tidak di pinggir jalan, misalnya di tengah-tengah pemukiman penduduk atau kompleks perumahan

3.      Menyiapkan Sarana Fisik
Ada 3 hal pada bagian ini yaitu :
Ø  Pertama menyiapkan dan atau mendirikan bangunan fisik minimarket
Ø  Kedua menyiapkan rak, perkakas, furniture minimarket
Ø  Dan yang ketiga adalah perekrutan tenaga operasional yang akan mengoperasikan minimarket
4.      Mengisi Barang
Yang dimaksud dengan mengisi barang disini adalah menyediakan semua kelengkapan yang diperlukan sampai benar-benar minimarket tadi siap untuk beroperasi, tentu saja terutama yang terkait dengan kelengkapan dan ketersediaan item-item yang akan dijual di minimarket.

5.      Komputerisasi Minimarket
Segala sesuatu yang terkait dengan semua operasional minimarket, kita lah yang harus sediakan dan persiapkan, termasuk hal yang terkait dengan program komputerisasi ini.
 Contohnya :
Ø  mencari vendor-vendor pembuat program POS (Point of Sales), kemudian membandingkan dari sisi harga, teknis, kemampuan program POS yang kita inginkan, service after sales-nya seandainya kita mempunyai masalah
Ø  menyediakan komputer, printer, dan barcode reader-nya
Ø  Selain program POS, hal lainnya yang tidak kalah penting yang bisa kita pertimbangkan untuk dipasang di minimarket kita adalah memasang perangkat CCTV

6.      Strategi Penjualan
Menentukan harga jual dari semua item barang yang kita pajang di minimarket merupakan salah satu strategi penjualan yang harus kita pikirkan secara cermat. Untuk menentukan dan pada akhirnya kita bisa menempelkan tanda harga (price tag) per item barang, bisa dilakukan dengan beberapa strategi seperti contoh :
Ø  Survey harga di toko grosir, swalayan, supermarket, hipermarket dan pasar-pasar
Ø  Survey harga di toko, minimarket, atau warung tradisional di sekitar minimarket kita
Ø  Pada saat agen atau sales produk datang ke minimarket kita untuk menawarkan barang, kita bisa melakukan nego harga belinya kepada mereka, sebisa mungkin harga yang kita dapatkan dari agen/sales tersebut harus lebih murah dari pada harga yang kita dapatkan di supermarket atau hipermarket besar
Ø  Berdasarkan pengalaman saya menjalankan bisnis minimarket berikut adalah “rule of thumb” berapa persen keuntungan yang bisa kita ambil dari masing-masing kelompok barang
Ø  Bekerja sama denga agen atau sales produk untuk sesekali melakukan promo diskon harga atau pemberian hadiah untuk pembelian item-item tertentu atau dalam jumlah tertentu, misalnya promo beli 1 dapat 2 dan lain sebagainya dalam waktu terentu, misalnya seminggu atau pada hari-hari tertentu
Ø  Lakukan langkah-langkah strategi penentuan harga dengan dibarengi oleh pelayanan yang optimal kepada pembeli, ramah dan cepat, ciptakan lingkungan dan suasana minimarket senyaman dan seaman mungkin sehingga pembeli akan betah dan “ketagihan” berbelanja di minimarket kita.
7.      Usaha yang akan dijalankan
Sebelum menjalankan usahanya, lebih baik memilih nama tokonya atau usahanya, dari itu kami memberi nama tokonya KURARI MART
Usaha Minimarket Kurari mart Menjual Alat-Alat Tulis, Assesoris, Jasa Photo copy dan Pengetikan. Dari segi Minimarket Kurari Mart ini bermoto menyediakan dan melayani penjualan dan jasa seperti pengetikan ada faktor utamanya yang harus diperatian antara lain :
Ø  Lokasi
Lokasi merupakan komponen penting dalam suksesnya usaha. Seperti Ilmu Manajemen pemasaran berkata, yang paling penting dalam usaha adalah lokasi, lokasi, dan lokasi. Lokasi yang bisa dikatakan strategis untuk bisnis ini adalah daerah yang dekat dengan sekolah atau kampus ataupun dekat dengan pusat keramaian. Banyak orang yang beranggapan bahwa lokasi yang dekat dengan kegiatan mahasiswa akan menguntungkan dalam usaha ini. Sedangkan alternatif pengunjung lain adalah pekerja. Namun, segmen ini sepertinya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pelajar atau mahasiswa. Lokasi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan usaha fotokopi, Jasa Pengetikan dan alat tulis.


Ø  Peralatan dan Perlengkapan
Terdiri dari etalase, Meja,lemari,kursi plastik, dan lain-lain. Mengenai alat tulis dan Assesoris lainnya dapat mencari informasi dipusat grosir terbesar di Sumatera yaitu di Aur Kuning atau  penyalur atau pemasok dengan harga murah dan memiliki kualitas barang yang baik, serta memilih barang yang kira-kira selalu dipakai atau dicari oleh konsumen. Sedangkan mengenai mesin fotokopi dan computer dapat mencari agen penjualan yang menawarkan harga sedikit miring dengan kualitas barang terbaik

Ø   Peralatan Mesin Photo copy,computer,printer dan assesoris lainnya
v  Apakah kita akan beli baru atau yang rekondisi ?
v  Apakah kita beli mesin analog atau dijital ?
v  Apakah kita beli mesin dengan printer atau sken ?
v  Apakah kita beli computer yang biasa saja, atau beli yang agak canggih dengan kapasitas lebih tinggi, seperti RAM nya besar untuk masalah kecepatan dan penyimpanan data lebih banyak

          Pertanyaan diatas wajib kita pikirkan dengan matang sebelum kita memulai bisni minimarket berserta Jasa photocopy dan pengetikan. Untuk pemilihan mesin fotokopi menurut kami sangat tergantung dari siapa market atau pasar kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan. Kalo pelanggan kita mahasiswa dan pelajar maka kualitas mungkin bukan yang utama namun harga haruslah terjangkau. Untuk mendapatkan harga produksi per lembar yang murah maka mesin rekondisi  atau seken adalah pilihan yang tepat karena mesin fotokopi rekondisi jauh lebih murah., tapi kalau sebaiknya ada modal yang berlebih lebih baik beli baru karna kualitas lebih menjamin dengan jangka waktu agak panjang dari pada kondisi mesin atau peralatan lainya dengan kondisi rekondisi atau peralatan seken. Untuk mesin dengan printer dan sken ini tergantung dengan adanya permintaan pasar. Computer dan printer lebih baik kita mengambil baru dari pada rekondisi karna computer maupun printer ada jangka waktu pakainya, kalau kita beli yang seken walaupun harga murah tapi kualitas pemakaian kita semakin sedikit,atau tidak bertahan lama kita memakainya.

Ø   Karyawan
Saudara atau teman adalah salah satu alternatif untuk dijadikan sebagai karyawan. Selain itu juga dapat merekrut karyawan yang memiliki ijazah SMU untuk ditugaskan sebagai pelayan toko.Dan hendaknya memiliki karyawan yang pandai berkomunikasi.



Ø  Tinta, Kertas, dan Sperpak
Semakin murah tinta dan kertas semakin besar pula marjin keuntungan kita. Untuk bersaing dengan usaha fotokopi lain kita harus pintar dalam mendapatkan tinta dan kertas yang murah. Untuk kertas kita bisa gunakan kertas plano potong. Untuk tinta kita bisa gunakan tinta kompetibel tidak harus orisinil. Hal yang perlu diingat adalah, jangan karena harga kita mengorbankan kualitas. Kertas plano potong kadang sangat sulit ditarik mesin fotokopi dan sering membuat macet mesin. Sedangkan tinta kompetibel suka membuat drum tidak awet dan merusak sperpak mesin. Untuk itu harus dilakukan tes satu persatu dan lihat hasilnya satu demi satu pula. Untuk tinta biasanya yang sering dipakai adalah Toner Walaupun harganya lebih mahal sedikit, tapi tintanya membuat mesin awet. Dengan catatan kita gunakan np6030. Kalo ir5000 harus digunakan tinta yang orisinil.

Ø  Perlengkapan tulis dan assesoris lainnya
Menjual barang seperti perlengkapan tulis dan lainnya juga sangat penting dalam menentukan besarnya keuntungan usaha minimarket menyediakan dan melayani jasa. Dapatkan barang-barang tersebut dari grosir utama seperti di Aur Kuning. Semakin banyak anda belinya, semakin murah harganya. Jika pelanggan kita mahasiswa/pelajar, alat tulis merek Joyko atau Kenko sangat cocok,karena harganya yang terjangkau. Apa lagi kalau mahasiswanya Jurusan manajemen, hitung-hitungannya lebih terkoordinasi dari pada jurusan lain. Yang penting murah meriah barang dengan kondisi yang baik.

Ø  Layanan
Layanan jasa Photo copy, pengetikan ,peralatan alat-alat tulis dan assesoris lainnya yang beragam akan membuat usaha ini makin dicari konsumen. Semakin lengkap barang dan layanan kita, semakin besar keuntungan yang akan kita dapatkan. Juga pelayanan yang ramah, penuh senyum, dan professional akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Ø  Kualitas
Jika kita tidak dapat bersaing harga, maka kita perlu bersaing dalam kualitas. Di era modern ini banyak orang yang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga, jadi kita punya pangsa pasar yang menurut kami tidak sedikit.

8.      Hambatan dan Kendala
Ø  Sepinya Konsumen
Apabila membuka usaha di areal sekolah atau kampus pasti merasa kesulitan dan kesulitan ketika para pelajar dan mahasiswa memasuki musim liburan. Untuk mengantisipasi hal ini perlu melakukan promosi, baik melalui koran maupun brosur, apa lagi sekarang marak-maraknya dengan Internet, seperti BBM, FB.LINE Dll. Dan bagi pelanggan yang membeli alat tulis dan memfotokopi saat liburan dapat menggunakan strategi dengan memberikanya diskon.


Ø  Banyaknya Pesaing yang Menggeluti Usaha Sejenis
Memberikan pelayanan yang terbaik merupakan salah satu cara agar tetap bertahan dari persaingan bisnis ini. Selain itu dapat memberikan sesuatu atau sentuhan yang berbeda dari para pesaing. Misalnya, dapat bersaing secara sehat dengan memberikan harga yang miring kepada pembeli dan memberi pelayanan secara WIFI gratis dan tempat duduk saat menunggu yang nyaman.


Ø  Modal yang terbatas
Agar dapat menggalang modal yang cukup untuk tetap menyambung hidup, ada baiknya apabila mencari relasi bisnis yang bersedia menginvestasikan modalnya ke dalam usaha ini. Dalam hal ini kita perlu meyakinkan investor bahwa usaha yang akan digeluti akan berkembang dengan pesat jika modal bertambah. Selain itu, dalam menekuni bisnis ini dapat menempuh modal dengan patungan bersama teman atau saudara. Kalau secara kredit juga bisa dengan maraknya dengan dana bank pemberi kredit untuk usaha masyarakat dengan nama KUR kredit Usaha Masyarakat dengan itu juga bisa membuka peluang menambah modal dengan jaminan BPKB motor sudah bisa menembah modal 20 juta dengan syarat tertentu dari pihak bank swuasta

Ø  Prospek Cerah
Usaha ini memiliki prospek yang sangat cerah untuk jangka waktu yang lama, akan tetapi harus juga bisa mengimbangi dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Dalam dunia bisnis persaingan adalah sesuatu yang tak dapat dihindarkan. Tetapi tidak perlu kuwatir, justru dengan adanya persaingan kemampuan kita dalam berwirausaha jadi akan terasah dan kita jadi banyak pengalaman serta semakin pintar. Pesaing akan selalu datang silih berganti, tapi percayalah kalau rezeki orang itu sendiri-sendiri dan tidak akan ketukar. “Kalau kita mau berusaha dengan giat dan pantang menyerah pastilah Allah SWT akan memberi balasan sesuai dengan apa yang kita usahakan”.

9.       Rencana Anggaran Usaha yang dijalankan

Rincian Anggaran Awal
Ø  2 buah Mesin Fotockopi  Rekondisi ( Ex Impor ) IR6000 Rp 70.000.000
Ø   CPU,Monitor dan mesin printer langsung scaner  Rp. 8.000.000
Ø  Peralatan dan Perlengkapan Rp 20.000.000
Ø  Persediaan Barang Dagangan Rp 50.000.000
Ø  Sewa toko 20.0000.000 per 2 tahun
Ø  Modal Cadangan Rp 15.000.000

Total Anggaran Awal Rp 183.000.000

Pendapatan Perbulannya
Ø     Rp 1.000.000 x 30 hari Rp 30.000.000

Pengeluaran Perbulan yang wajib di keluarkan :
Ø Gaji 2 Orang Karyawan Rp 3.000.000
Ø Pembelian Kertas untuk Fotokopi  dan printer dan alat lainnya Rp 2.000.000
Ø Pembelian Tinta untuk Fotokopi  dan tinta printer Rp 1.000.000
Ø Biaya Listrik Rp 1.500.000 dengan daya watt 2200
Ø Biaya perawatan mesin 1.500.000
Ø Biaya penyusutan 500.000
Ø Biaya Promosi dan Iklan Rp 750.000
Ø Biaya Lain-lain Rp 800.000

Total Pengeluaran Rp 25.050.000

Keuntungan bersih perbulannya
Laba Bersih = Rp 30.000.000 – 25.050.000
= Rp 4.950.000

Keuntungan per 2 tahun  x 4.950.000 = 118.800.000

10.  Contoh buku harian di Kurari Mart
No
Uang Masuk
Uang keluar
Jumlah
keterangan
1.       
1.000.000
-
1.000.000

2.       
1.200.000
200.000
1.000.000
Pembayaran infaq
3.       




4.       




5.       




29
1.000.000
-
-

JUMLAH
30.000.000
PERBULANNYA

















KURARI MART
LAPORAN LABA RUGI
29 FEBRUARI 2016
Pendapatan jasa


30.000.000
Gaji 2 Orang Karyawan
3.000.000


Pembelian Kertas untuk Fotokopi  dan printer
2.000.000


Pembelian Tinta untuk Fotokopi  dan tinta printer
1.000.000


Biaya Listrik
1.500.000


Biaya perawatan mesin
1.500.000


Biaya penyusutan
500.000


Biaya Promosi dan Iklan
750.000


Biaya Lain-lain
800.000






Total beban


(Rp 25.050.000)
Laba bersih


Rp. 4.950.000










KURARI MART
LAPORAN PERUBAHAN MODAL
29 FEBRUARI 2016
Modal
25.050.000
Prive
(1.300.000)

22.850.000
Laba bersih
4.950.000
Modal FERUARI 2016
27.800.000















KURARI MART
NERACA
29 FEBRUARI 2016
ASET

KEWAJIBAN dan MODAL

Kas
15.350.000
Utang usaha
1.700.000
Piutang
400.000
Utang gaji
500.000
Perlengkapan
2.575.000
modal
27.800.000
Peralatan
7.800.000


Sewa ddm
4.100.000


(Akumulasi  depresiasiperalatan)
(225.000)


Total
30.000.000
Total
30.000.000
















GAMBAR
1840069_20130401034005.JPG 1840069_20130401034024.JPG 
5149887_20130203024344.jpg usaha-jasa-pengetikan.jpg
3754413_20130302054030.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar